Pyo-pyo's blog

Cerita yang ingin aku bagi kepada dunia.

Senin, 30 Juni 2008

Issue...

Sabtu kemarin, gue dateng ke kampus tercinta (UI) buat ambil nilai. Niatnya sih mau ngambil sama temen gue yang juga belom ngambil nilai, tapi dasar emang anak antrop yang punya kebiasaan jam karet sedunia plus rasa solidaritas yang tinggi buat saling tungu-tungguan, akhirnya SBA (Sub Bagian Akademik) FISIP UI malah dah tutup jam 12 siang dan kita cuma bisa melongo bengong. “Tutup? Bukannya jam 2 tutupnya?” Tanya gue sama salah satu petugas SBA, “Iya, soalnya kita mau kondangan”. Gue sama temen gue cuma melongo untuk kedua kalinya, “kondangan? Gak ada alasan yang lebih masuk akal dan manusiawi apa?” pikir gue dengan hati kesal. Jadilah kita berempat ngobrol ngalor ngidul gak jelas di kantin Sastra.


Topiknya macem-macem, mulai dari cewek barunya Maisa, rencana nikahnya Ita, kuliahnya Lusi yang bentar lagi kelar, kerjaan gue yang bikin gue senewen, sampe topik-topik gak penting lainnya. Sebenernya ada salah satu topik yang bikin gue sempet shock, soal homoseksual. Entah kenapa, dari dulu gue gak suka ngomongin soal topik yang satu itu, tapi cerita dari salah satu temen gue bener-bener bikin gue kaget. Ada adik kelas gue yang (gue baru tau) gay. “Oh my God…masa sih?” Tanya gue kaget, “Ya ampun deh Ari…kemana aja loe?” omel temen gue. “Tapi gue pikir cuma gayanya aja yang kemayu, ternyata…” gue bener-bener gak bisa ngomong lagi. “Udah lama kali…setau gue cowoknya orang Jerman” kata temen gue lagi. “What? Jerman? Cowoknya orang Jerman? Kenal di mana?” untuk kesekian kalinya gue shock. “Ya di internet lah…” gue cuma bisa manggut-manggut, sebenernya gue dah curiga, tapi gue pikir dia cuma sekedar cari perhatian orang doang. “Katanya, kalo gay di khianati, dia bisa lebih sakit hati daripada kita yang cewek” celoteh temen gue lagi. Cerita kemudian bergulir ke cerita-cerita yang lainnya, mulai dari yang normal sampai yang bikin gue ilfeel.


Intinya, terlepas dari apakah itu normal atau enggak (jadi inget teori Kebudayaan Dominannya Ruth Benedict, yang bilang kalo sesuatu yang mayoritas selalu dianggap normal, sementara yang minoritas dianggap abnormal), dosa atau enggak (Please deh itu mah urusan dia sama Tuhan), mungkin yang dia inginkan hanyalah menjadi dirinya sendiri. Tau kalo dirinya berbeda aja mungkin sudah menyakitkan dia, apalagi ditambah dengan pandangan negatif dari orang lain. Negara kita bukan negara agama, tapi Pancasila, yang menghargai kehidupan setiap warganya. Bukannya salah satu contoh hak asasi adalah hak untuk hidup dengan tenang?

Label:

18 Komentar:

Blogger AryaNst mengatakan...

Wah, tumben nih rada berat topiknya...

Masih jauhlah Rie, buat bangsa kita nganggap homoseksualitas (gay dan lesbi) sebagai bukan aib.

Lah, wong lu aja masih ilfil kan? Padahal lu mengakui mereka juga berhak hidup tenang.

Btw, jadi lu belon punya nilai? Kasian amat...

30 Juni 2008 pukul 12.59  
Blogger Rie mengatakan...

semua orang berhak hidup dengan tenang di indonesia, gue cuma gak suka membicarakan masalah yang berkaitan dengan kehidupan seksual mereka. cukup mereka aja yang tau apa yang mereka lakukan.

1 Juli 2008 pukul 09.15  
Blogger AryaNst mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

1 Juli 2008 pukul 09.24  
Blogger VuturistiX mengatakan...

rie, gue cuma mo komentar, No comment. he3

1 Juli 2008 pukul 12.14  
Blogger the mind of phiephie mengatakan...

rie aq cuman mo comment, klo judulnya g nyambung ama yg kmu omongin, hahahahahahahahahahahahahahaha...... btw, Mrs.Tiw nitip comment neeeh.... kpn2 kmu omongin topik ttg NARCISM dong!!! Ok?

1 Juli 2008 pukul 16.29  
Blogger Rie mengatakan...

Gue gak keberatan ngomongin masalah persamaan hak antara heteroseksual dan homoseksual, tapi kalo yang lebih pribadi lagi, kayaknya enggak deh. Itu semua kan pilihan hidup mereka dan gue menghargai itu semua. Tolong deh kalo mo kasih komentar yang bener...pizz semuanya...

1 Juli 2008 pukul 16.44  
Blogger Tiwi Felt mengatakan...

komen gw ya....

lesbong...gay....hombreng....kan dosa rie....
kalo dosa kan masuk neraka rie...
neraka katanya panas rie, bener??....hehehe...

masalah hombreng2 an??? ga usah jauh2 deh...tanya aja sama pak ustadz hehehehe.....

oia...nilai lu baru dapet? trus kalo udah dapet buat apaan?telat bang--geeet..hehehehe....

2 Juli 2008 pukul 06.11  
Blogger AryaNst mengatakan...

Negara kita bukan negara agama, tapi Pancasila, yang menghargai kehidupan setiap warganya.

Komen lagi aaah... tulisan lu ini seolah kalau sebuah negara agama enggak menghargai kehidupan setiap warganya loooh...

2 Juli 2008 pukul 10.07  
Blogger BagusApi mengatakan...

jadi inget zaman hitler dulu, kaum homo atau gay kalo ga di setrum ya dimasukin kamp penyiksaan...

2 Juli 2008 pukul 10.21  
Blogger the mind of phiephie mengatakan...

jadi inget ama temen deket qoe... 10 tahun ama co-nya... break gr2 co-nya itu ngebelain temen co-nya di kampus, trus dia di-add ama guy di bali... Lhah? knp y? ap si co itu guy... nobody knows...

2 Juli 2008 pukul 10.28  
Blogger Yudi mengatakan...

UI itu apa ya? Nama makanan ya???

2 Juli 2008 pukul 16.05  
Blogger Rie mengatakan...

Buat Tiwi: kalo masalah dosa, itu urusan yang bersangkutan sama Tuhan. Nilai gue buat apaan? Kayak gak tau aja. Ya buat "proyek masa depan" lah..
Buat Bagus: Gue baru tau kalo zaman Hitler kayak gitu. Sadis amat ya...gak berperikemanusiaan banget.
Buat Patkay: UI itu nama kampus yang paling keren se Indonesia (hehehe narsis ah..), bukan makanan, loe makanan mulu...
Buat fifi: aku gak ngerti sama maksud tulisanmu, terlalu banyak menggunakan bahasa gaoel ah...pusing...
Buat Mas Irman: Kasus piagam Jakarta aja bisa bikin pembukaan UUD 1945 berubah, apalagi kalo negara ini didasarkan pada agama. Gak tau deh bakal kayak apa...

3 Juli 2008 pukul 14.20  
Blogger Tiwi Felt mengatakan...

adoooooh....ni postingan judulnya ISSUE...tapi isi n komennya tentang HOMBRENG?! eike jadi binun....
btw....ko ada ya Jeruk makan Jeruk...kan katanya kalo ga salah 'wanita yang baik untuk laki-laki yang baik' berarti kalo HOMBRENG 'wanita yang baik(?) untuk wanita yang baik(?)' ato sebaliknya? hehehehe.....
emang sih masalah dosa urusan si HOMBRENG ma Tuhannya....tapi....tetep aja dosa tauuuuuu!!! hahahaha....
eh tapi gw juga punya temen hombreng...gw selalu berdoa semoga dia cepat ditunjukkan jalan yang benar sama Allah...amiiiin....(amin juga donk rie...)

eh mas bagus....coba hukuman zaman hitle masih ada ya! hahahahaha...syereeeem...

3 Juli 2008 pukul 16.59  
Blogger Tiwi Felt mengatakan...

kalo negara berdasarkan agama....gada hombreng dooo....nk? (bacanya sambil b'gaya hombreng)

3 Juli 2008 pukul 19.54  
Blogger AryaNst mengatakan...

Eeeh, komen gua yang kedua kok dihapus sih? Gak asik ah :P

Anyway, negara agama tidak akan serta merta membuat negara tidak menghargai kehidupan setiap warganya, Rie.

Agama kan mengajarkan kita menghargai orang lain. Jadi, ketika diterapkan pada negara, harusnya negara pun enggak akan jadi secara pasti tidak menghargai hak warganya.

Sama juga kasusnya, sebuah negara sekuler juga belum tentu akan selalu menghargai hak-hak warganya.

Jadi, semua tergantung pada pelaksanaannya oleh para pemimpin negara itu.

Begitu, Rie :)

4 Juli 2008 pukul 08.41  
Blogger Rie mengatakan...

Kira-kira Indonesia punya tipe pemimpin yang bisa melakukan itu semua gak ya?

5 Juli 2008 pukul 12.23  
Blogger AryaNst mengatakan...

Baik untuk bentuk negara sekuler maupun agama, gua rasa Indonesia sangat kekurangan stok pemimpin :)

Jangan kuatir Rie, bangsa ini masih muda kalau dihitung semenjak 1998 (soalnya 32 tahun sebelum itu Indonesia memang gak punya fondasi kuat), kita semua memang masih harus belajar cara hidup bernegara, termasuk cara menghargai orang-orang yang berbeda dengan kita.

We are getting there kok! Semangat! Pilih gua sebagai presiden! (loh??) Hahahaha...!

7 Juli 2008 pukul 08.45  
Blogger Rie mengatakan...

Dari tahun 1945 gak dihitung?
Semoga bangsa tercinta kita ini memang sedang mengarah kesana. Amin...
Pilih loe jadi presiden?
Mmmm (mikirnya lama banget...), gak yakin...

10 Juli 2008 pukul 16.40  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda