Pyo-pyo's blog

Cerita yang ingin aku bagi kepada dunia.

Selasa, 12 Mei 2009

Tolooooonggg...

Salah seorang teman saya pernah bercerita pada saya suatu hari, “Waktu itu gue lagi mau main ke rumah temen gue, Rie. Sebelomnya gue mampir dulu ke pom bensin mau ngisi. Dari kantor gue yakin gue punya duit sepuluh ribu di kantong celana. Cukuplah buat isi bensin sampe rumah temen gue. Setelah diisi, waktu gue mau bayar, gue kaget!! Duit yang ada di kantong celana gue mana ya? Kok tiba-tiba gak ada? Gue panik, gimana nih? Tengki motor gue udah keburu diisi lagi!! Akhirnya gue telepon temen gue itu, tapi nomernya gak bisa dihubungi”.

“Loe telepon rumahnya dong!” ucap saya memotong cerita teman saya itu.

“Gue gak punya pulsa buat telepon, cuma ada pulsa gratisan buat ke sesama operator doang”.

Sampai di sini saya lalu berpikir, apa yang akan saya lakukan ya kalau saya sampai ada di posisinya pada saat itu?.

“Akhirnya gue telepon adeknya temen gue yang nomer teleponnya masih satu operator. Untungnya berhasil diangkat, terus gue minta tolong. Akhirnya dia dateng buat bantuin gue. Lega banget rasanya” ujar teman saya itu.

Saya pun ikut lega mendengarnya.

“Loe tau gak Rie, setelah selesai dan gue rogoh kantong celana gue, ternyata duit itu ada!!”.

Saya melongo “Loh kok bisa?”.

“Tadi tuh gue keburu panik, jadi gak sadar kalo duitnya nyelip di lipetan kantong. Padahal tadinya gue mau ngegadein hape gue ini sama yang jaga SPBU, tapi gak jadi”.

Saya memukul bahu teman saya itu “Loe gimana sih? Kok bisa sampe gitu?” omel saya.

“Namanya juga orang panik Rie, mana gue tau?”.

“Mbok lain kali tuh hati-hati kenapa sih?” saya kemudian mengomeli teman saya itu panjang lebar, sampai kemudian…

”Gue jadi mikir Rie, ini baru di dunia, saat loe masih bisa minta tolong sama orang lain, tapi gimana kalo di akhirat?”

omelan saya langsung terhenti saat itu juga

“Loe mo minta tolong sama siapa coba?”

Saya benar-benar terdiam, ucapannya seperti menohok saya dengan kerasnya. Saya sama sekali tidak terpikir ke arah sana.

“Trus gue jadi mikir Rie, apa bekal gue udah cukup? Berapa banyak kebaikan yang udah gue lakuin di dunia selama gue hidup? Apa jumlahnya sama dengan kesalahan yang gue bikin? Ato mungkin lebih sedikit mungkin?” ujar teman saya dengan nada serius.

“Wah gue gak tau, tapi yang pasti kesalahan yang loe lakukan emang tambah banyak, soalnya loe sering banget ngerjain gue!” ledek saya sambil mencoba melucu.

Teman saya itu tertawa ”Ngerjain elu mah gak salah Rie, lagipula akhirnya elo malah dapet pahala dari ledekan gue. Iya kan?” balas teman saya itu.

“Sialan!!”.

Percakapan kali itu diakhiri dengan tawa dan saling ledek satu sama lain. Hari itu saya mendapat pelajaran berharga “Apa saya sudah punya cukup bekal untuk kehidupan selanjutnya?”.

Sekarang, beberapa bulan dari kejadian itu, bude saya, kakak dari ayah saya, meninggal karena sakit stroke. Percakapan dengan teman saya itu kembali terlintas di kepala saya. Apa yang bude saya rasakan pada saat waktunya benar-benar habis dan malaikat maut menjemputnya? Apa dia merasa sudah memiliki bekal yang cukup? Hanya dia dan Tuhan yang tau semuanya.

Layaknya seorang ibu yang selalu menyiapkan bekal untuk anaknya saat akan berangkat sekolah, setelah dewasa, kita sendiri yang harus menyiapkan bekal itu sendiri.

PS: saya baru sadar tentang satu hal soal teman saya itu setelah sekian lama, LOE TELEPON TEMEN LOE DARI SPBU? ITU DILARANG TAU!!! DASAR GEBLEK!!!

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda